Wednesday 18 February 2015

Cara Efektif Menasehati Anak

Cara Efektif Menasehati Anak

Pada kesempatan lalu saya menulis tentang bagaimana cara meningkatkan kreatifitas anak , nah Pada kesemapatan ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara efektif menasehati anak, terkadang anak bunda mungin ada pada waktu yang sangat hiperaktif yang terkadang membuat pusing bunda..heheheh..saya juga waktu kecil bandel juga sih ...^-^.
nah setelah saya membaca beberapa artikel ternyata ada beberapa cara yang menurut saya akan lebih efektif untuk menasehati anak agar anak para bunda tidak membandel lagi...(tp ya namanya juga anak - anak wajar saja kalau bandel, tapi ada batasan wajarnya juga loh kalo bandel juga )
oke deh kita mulai saja


1. Cara yang pertama ialah hindari memberikan nasehat didepan umum. Seorang anak nih biasanya kalau dinasehatin didepan banyak orang pasti malu. Bakalan minder. anak akan berfikir, orang-orang yang dengar dan melihat dia lagi dinasehatin sama bunda akan berfikir kalau dia anak yang bandel, bakal tau kejelekannya dia. Dia bakalan malu tuh, merasa harga dirinya jatuh ( walaupun anak masih punya gengsi juga mungkin ya kalau keliatan dimarahin sama bunda di depan umum :p ), ada baiknya bunda mesti pandai pandai melihat situasi disekeliling jangan sampai si anak merasa dipermalukan di depan teman temannya..    



2. Cara kedua hindari dari membanding bandingkan si anak, pasti bunda pernah membandingkan anak bunda dengan orang lain, ya misalkan dengan anak tetangga..hayooo ngaku...pasti pernah kan??hehehee,“Liat tuh si Banu pinter matematikanya, lah kamu apaan maen bola melulu”. Ini nih harus dihindari. Bakat dan kemampuan anak itu kan berbeda. Kalau anak tetangga pinter di akademiknya sedangkan anak bunda biasa-biasa aja bukan berarti anaknya bodoh alias O2n, hehe, itu tandanya si anak punya minat dan bakat di bidang lainnya.si Anak bila diperlakukan seperti itu dia akan  ngedown . Merasa bodoh karena dianggap ga bisa apa-apa dan ga ada apa-apanya dibanding temennya. Padahal dia jago maen bolanya, jago maen musiknya, jago gambarnya. Tapi tetep ga dianggap itu merupakan kecerdasan dan kelebihan anaknya.Cerdas itu bukan liat dari nilai raport, tapi liat akhlaknya gimana, minat bakatnya terasah atau tidak. Kalau nilainya seratus semua tapi sama orang tua tidak tau sopan santun, apa bisa dibilang cerdas ? hayooo ...gimana??..

3. Cara Ketiga, bedakan antara memberi nasehat, mempermalukan, dan mengolok-olok kesalahan. Saya sering denger orang tua yang nyerocos nasehatin anaknya tapi ga ada bedanya sama ngecengin (bahasa gaulnya gitu) anaknya. Nasehat itu isinya hal yang membangkitkan motivasi anak bukan bikin anak ngedown.Udah mah ngomongnya didepan orang banyak, kenceng , diolok-olok terus lagi. Si anak bikin salah satu aja di ungkitnya ada kali seminggu, bisa sebulan. Wajar aja si anak ga maju-maju, minder, rendah diri, dll. nah bunda harus ngerti gimana cara nasehatin anak, harus bisa bedain mana nasehatin sama mengolok-olok. Renungkan deh mulai dari sekarang, benar atau tidak cara bunda menasehati anak. Kalo mau tau berhasil atau tidaknya mendidik anak lihat saja anaknya gimana. Itu cerminan orang tua.

4. Cara Keempat, sisipkan senda gurau saat memberi nasihat. Sersan gitu, serius tapi santai. Kan enak kalau nasihatin sambil kita becanda sama anak, kita juga seneng bisa ketawa bareng kita. Keliatannya harmonis, ga ada jarak anak sama orang tua, ya kurang lebih seperti ke temen gtu. Ini gunanya supaya suasana terasa cair, ga tegang. Anak ga merasa sedang di introgasi.Kalo anak sudah nyaman sama orang tua, tempat yang paling enak dan nyaman yaa dirumah. Ga bakal anak ngelayap ga jelas kayak anak-anak zaman sekarang. Masih bau kencur udah mojok di tempat gelap, naudzubillah.
Belajar jadi sahabat anak, jangan cuma nuntut anak gini gitu, tapi contohin ke anak, orang tua itu teladan bagi anak.


5. Cara yang ke Lima, berikan nasihat dengan hati dan perasaan terdalam. Nasihati anak penuh dengan perasaan, ketulusan, bukan atas dasar si anak harus dapet apa yang kita tuntut. Ibarat dalam marketing, kita ga bisa langsung menawarkan produk kita sampai kita maksa-maksa bilang nih produk bagus banget, nyesel kalo ga beli. Kalo seperti itu kan namanya profit oriented.  Si marketer harus membangkitkan rasa butuh dulu dalam diri pelanggannya.Marketer harus memposisikan diri bahwa dia peduli dan tulus bukan untuk mencari keuntungan dari hasil jualan produknya itu. Kira-kira begitu dah perumpamaannya. Orang tua harus deketin anaknya dulu karena memang sayang bukan karena biar anak nurut. Kalau Bunda sudah bisa menunjukkan ketulusan dan kasih sayang ke anak, anak akan nurut tanpa disuruh.Disini pentingnya ketulusan, kasih sayang, komunikasi yang baik beserta caranya, biar si anak tuh ga dianggap media pemuas orang tua. Maksudnya, anak cuma dijadiin benda yang bakalan menuhin keinginan orang tua, entah itu keinginan akan anaknya jadi berhasil dengan jalan orang tua atau karena ada hal yang dulu si orang tua belum sempet dapet pas masih remaja dulu.

"dari kelima cara diatas tadi diusahakan untuk jangan menunjuk nunjuk si anak, kalau bisa pegang bahunya agar si anak lebih merasa nyaman dan mau mendengarkan nasehat dari bunda "

nah itu beberapa tips cara menasehati anak yang menurut saya cukup efektif, mohon maaf sebelumnya bila cara ini kurang berkenan, bukan bermaksud saya mengajarkan, tetapi saya hanya berbagi ilmu yang saya dapat setelah saya baca dari beberapa sumber dan arikel..hehehehe..semoga bermanfaat ^-^...

No comments:

Post a Comment